Tips Rumah Ideal

7 Ciri Rumah Sehat dan Tidak Sehat

Bagi kita yang ingin memiliki rumah sendiri, baik secara tunai maupun KPR (suku bunga dasar kredit berdasarkan website OJK), sangatlah penting untuk memperhatikan faktor kesehatan, karena rumah akan ditinggali setiap hari dalam jangka waktu lama.

Ciri rumah sehat dan tidak sehat

Oleh sebab itu, berikut informasi tentang 8 ciri rumah sehat dan tidak sehat sebagai berikut.

Rumah yang bersih

Rumah yang bersih secara umum menjadi syarat mutlak dan ciri rumah sehat. Kebersihan rumah, baik di dalam maupun di luar, menjadi sangat penting. Pengolahan sampah dan limbah yang buruk dapat menjadi tanda rumah yang tidak sehat.

Bahan bangunan yang aman

Penggunaan bahan bangunan yang kuat untuk sebuah rumah sangatlah penting bagi ciri rumah sehat. Tidak hanya kuat, bahan bangunan yang digunakan juga harus aman dan tidak mengandung bahan yang membayakan penghuninya. Salah satu contoh perumahan dengan jenis material bangunan yang terbaik adalah Bukit Indah Permai, perumahan di Malang dekat tol Malang-Pandaan.

Desain rumah sehat

Pengaturan ruangan dari desain sebuah rumah sehat yang terkesan luas dapat memberikan kelegaan bagi penghuninya sehingga dapat bergerak dengan lebih leluasa.

Dengan pemilihan warna bangunan, baik di dalam (interior) maupun di luar (eksterior) rumah, dan peletakan ruangan, jendela dan pintu dengan ukuran yang pas, Bukit Indah Permai menyediakan rumah dengan desain yang menyehatkan sehingga dapat mempengaruhi mood penghuninya menjadi lebih positif.

Sirkulasi udara lancar dan tidak lembab

Sirkulasi udara dan pencahayaan juga menjadi faktor yang sangat penting sebagai ciri rumah sehat. Kedua hal ini dapat mempengaruhi kelembaban udara di dalam rumah yang berdampak pada perkembangan bibit penyakit dan aroma yang dapat berbahaya bagi penghuninya.

Pengaturan air dan sanitasi yang baik

Sebuah rumah layaknya memiliki sumber air bersih yang tidak tercemar, sehingga dapat menjadi sumber kehidupan yang baik bagi penghuninya. Misalnya, Bukit Indah Permai di Malang memiliki kualitas air yang sangat jernih dan deras yang dikelola oleh subdivisi perusahaan Bukit Indah Permai yang menaungi 2700 rumah sejak tahun 1995.

Selain itu, pengaturan jalur sanitas dan pembuangan juga harus tertata dengan baik (misalnya tidak mampet atau tertampung) agar tidak menjadi sumber penyakit yang dapat membuat rumah menjadi tidak sehat.

Lingkungan rumah yang aman dan asri

Ciri rumah sehat lainnya adalah, biasanya dikelilingi oleh lingkungan yang aman dan asri. Misalnya saja, Bukit Indah Permai di Malang, terletak di daerah pegunungan Gunung Arjuna dan Gunung Kawi yang dekat dengan pusat kota sehingga rumah di Malang dekat pintu tol Malang Pandaan ini sangat sejuk dengan udara yang segar dan dikelilingi oleh banyak pohon besar. Selain itu, dengan pemilihan tanaman yang mempunyai energi baik dan memberikan O2 maksimal hasil konsultasi dengan Natural Harmony yang berpusat di Perth, Australia, kompleks perumahan dekat tol Malang ini juga memberikan pengaruh positif bagi jiwa dan mental penghuninya.

Feng shui rumah sehat

Kearifan feng shui bagi sebuah rumah dipercaya dapat mempengaruhi keharmonisan dan rejeki penghunyinya. Karena itu, pengaruh feng shui rumah yang baik haruslah mengarah pada sirkulasi udara dan saluran air yang baik, serta pengaturan ruangan yang seimbang.

No comments yet! You be the first to comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *