Activities

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN KETIKA INGIN MEMULAI INVESTASI DI BIDANG PROPERTI

Memiliki properti yang disewakan merupakan langkah tepat untuk menambah pundi-pundi kekayaan Anda. Keberadaan properti membuat Anda bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan pasif, tanpa perlu repot bekerja dari siang sampai malam.

Jika saat ini uang yang dimiliki sudah terkumpul dan ingin mencari rumah untuk disewakan, penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa kriteria yang membuat rumah sewa tersebut memiliki nilai di mata penyewa.

Beberapa hal penting akan kami jelaskan di bawah ini akan sangat mempengaruhi besarnya permintaan masyarakat terhadap rumah sewa tersebut. Apa saja? Mari kita simak penjelasannya lebih lanjut.

  • PERHATIKAN LINGKUNGAN SEKITAR PROPERTI TERSEBUT

Lingkungan atau lokasi dimana sebuah properti berada akan sangat mempengaruhi jenis penyewa yang akan menyewa. Jika lokasi rumah atau properti yang dimiliki berada di sekitar universitas atau sekolah, maka para mahasiswa dan siswa yang bersekolah disana akan menjadi penyewa potensial.

  • FASILITAS YANG DITAWARKAN

Masyarakat yang tinggal di sebuah daerah tidak hanya membutuhkan tempat tinggal, tetapi juga membutuhkan berbagai hiburan dan berbagai fasilitas yang lain.

Lokasi sebuah properti dikatakan strategis, jika berdekatan dengan pusat belanja, mall, sarana transportasi umum, bioskop, sarana kesehatan, dan lain sebagainya.

  • RENCANA PENGEMBANGAN DI MASA YANG AKAN DATANG

Sebuah properti dianggap bernilai tidak hanya dilihat dari situasinya saat ini saja, tetapi juga rencana pengembangan di masa depan. Jika daerah tersebut akan dibangun gedung apartemen, mall, dan sekolah berkualitas, maka area tersebut bisa berpotensi memiliki pertumbuhan yang sangat baik.

Pengembangan di masa depan juga bisa berpotensi merugikan dan mempengaruhi daya saing properti Anda. Misalnya saja adanya rencana untuk menghilangkan ruang terbuka hijau atau adanya perumahan baru yang berpotensi memberikan persaingan untuk properti Anda.

  • POTENSI BENCANA ALAM

Jika Anda memiliki sebuah properti yang sangat rawan bencana seperti tanah longsor dan banjir, maka hal ini tentu sangat mempengaruhi nilai properti dan biaya yang harus Anda keluarkan. Para penyewa yang mengetahui bisa menjadi tidak tertarik untuk menyewa properti dan akhirnya beralih ke properti yang lainnya.

Selain itu, lokasi yang rawan bencana mengharuskan Anda mengeluarkan biaya tambahan untuk asuransi properti, jika suatu saat properti tersebut mendapatkan musibah. Biaya tambahan yang harus dikeluarkan tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap pendapatan sewa yang akan Anda dapatkan dari properti.

  • TINGKAT KEAMANAN

Tidak ada orang yang bersedia tinggal di sebuah lokasi yang sangat rawan dengan tindakan kriminal. Properti yang Anda miliki tidak akan diminati oleh penyewa, jika berlokasi di daerah yang rawan bahaya.

Cara terbaik untuk mengukur tingkat kejahatan di suatu daerah adalah dengan melihat data statistik yang biasanya tersedia di perpustakaan umum. Ketahui secara pasti tingkat vandalisme, kejahatan kecil, kejahatan serius, dan lain sebagainya.

  • PAJAK

Hal yang perlu diketahui adalah pajak properti antara satu kawasan dengan kawasan yang lain berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui besaran pajak yang akan dibayarakan agar jangan sampai pendapatan sewa tidak bisa menutupi besaran pajak yang ada.

Jangan terlalu mempermasalahan pajak yang tinggi, jika kawasan tersebut strategis dan memiliki banyak penyewa potensial, tidak ada salahnya membeli properti yang ada disana.

  • REPUTASI PENGEMBANG

Banyak risiko yang mungkin terjadi di dalam pembelian properti, termasuk berbagai masalah yang datang dari pihak pengembang, seperti izin bangunan, sengketa tanah, keterlambatan pembangunan, dan yang lainnya. Hindari berbagai masalah ini dengan memilih pengembang yang telah memiliki reputasi yang baik dan layak di pasaran. Pilihlah pengembang yang terpercaya dan telah berpengalaman dibidangnya.

Dengan memperhatikan beberapa hal yang ada di atas, maka Anda bisa dengan mudah menemukan jenis properti terbaik untuk investasi. Jangan sampai uang yang sudah Anda kumpulkan selama bertahun-tahun menjadi sia-sia karena salah saat menentukan jenis properti yang akan dibeli.

Comments

  • David Lusic September 30, 2016 at 9:09 am Reply

    Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry’s standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries

    • David Lusic September 30, 2016 at 9:09 am Reply

      Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry’s standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *