Informasi Rumah Malang

Tingkat Bunga KPR Indonesia

Tingkat Bunga KPR Indonesia — Untuk memiliki sebuah rumah, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bila tidak memiliki aset lain dalam jumlah besar, tentunya akan sulit membeli rumah secara tunai. Namun, ada cara lain untuk mendapatkan rumah, yaitu dengan mengajukan permohonan pinjaman uang ke bank, dan dilunasi dengan cara mencicil.

Banyak penduduk Indonesia yang menggunakan fasilitas KPR untuk membeli rumah, yaitu sekitar sebesar 76.42% – menurut data Bank Indonesia. Berikut adalah informasi tentang KPR, termasuk tingkat bunga KPR Indonesia.

Apa itu KPR

KPR adalah kepanjangan dari Kredit Pemilikan Rumah, yaitu kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan atau agunan berupa rumah hak milik, dan pinjaman tersebut dipinjamkan dengan tingkat bunga KPR tertentu. KPR biasanya disediakan oleh berbagai bank di Indonesia, baik bank pemerintah maupun bank swasta, seperti Bank NISP, Bank BCA, Bank BRI, Bank BTN, dan lainnya.

Perlu diingat bahwa, KPR biasanya bersifat konsumtif, artinya, peruntukan KPR haruslah untuk kegiatan konsumtif dan tidak diperbolehkan untuk kegiatan yang bersifat produktif atau “menghasilkan”, seperti untuk modal usaha, pembelian stok barang untuk keperluan usaha, dsb.

Agunan atau jaminan untuk KPR

Agunan atau jaminan yang diajukan untuk KPR adalah rumah yang akan dibeli itu sendiri, misalnya untuk pembelian rumah tinggal, apartemen, rumah toko, rumah kantor, atau tanah. Sedangkan bila Anda mau mengajukan pinjaman untuk keperluan konsumtif lainnya namun dengan menjaminkan rumah yang sudah dimiliki, bank biasanya memiliki fasilitas yang disebut dengan KPR Multiguna atau KPR Refinancing – misalnya untuk perbaikan rumah, menyewa properti, membeli furniture, kendaraan bermotor, dll.

Pertimbangan mengajukan KPR

Sebelum mengajukan KPR, banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti:

  • Jangka waktu kredit
  • Plafond kredit (jumlah maksimum pinjaman yang diperbolehkan)
  • Jenis suku bunga, misalnya suku bunga fixed, floating, atau campuran
  • Tingkat bunga KPR di bank terkait
  • Sumber dana untuk membayar pinjaman KPR
  • Syarat yang diperlukan untuk pengajuan KPR
  • Perlindungan dan ketentuan KPR

Cara mengajukan KPR

Secara umum, cara mengajukan KPR tidak sulit. Misalnya saja, Anda ingin membeli rumah di Perumahan Bukit Indah Permai dekat tol Kota Malang, maka Anda hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan dan dokumentasi yang diperlukan untuk mengajukan KPR, seperti usia minimum pemohon, bukti profesi dan pendapatan pemohon, usia maksimum saat kredit berakhir, cara pembayaran yang valid, serta perjanjian dan dokumen yang harus ditandatangani. Hal ini tergantung dari masing-masing bank yang akan digunakan untuk mengajukan KPR.

Tingkat Bunga KPR Indonesia

Tingkat bunga KPR terus berfluktuasi dan berubah setiap beberapa bulan sekali, biasanya 3 bulan sekali. Beberapa bank juga mengadakan promosi KPR dalam periode waktu tertentu, seperti BCA sekitar bulan Februari dalam rangka memperingati hari ulang tahun perusahaan. Namun, sebagai acuan, untuk mengetahui tingkat suku bunga KPR terbaru, Anda dapat mengacu pada website resmi OJK terkait Suku Bunga Dasar Kredit.

No comments yet! You be the first to comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *